Destinasi Wisata Populer

Sumatera Barat ialah salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyaipelbagai jenis obyek wisata. Kalau mendengar nama kota ini, anda akan langsung terbayang dengan Jam Gadang dan rendang yang masuk jadi di antara makanan terenak di dunia. Masih penasaran dengan lokasi wisata di Sumatera Barat dan Obyek wisatanya? Ayo anda telusuri tempat wisata Sumbar satu demi satu.

1. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

Obyek wisata yang satu ini berupa museum etnografi dengan format yangmenarik yaitu lokasi tinggal gadang. Lokasinya terdapat dalam area Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Ketika menginjak museumnya, kamu dapat melihat pelbagai koleksi museum yang terdiri dari benda sejarah dankebiasaan ranah minang.

Sebagai misal antara lain perangkat pertanian, pakaian adat, tembikar, pelaminan minangkabau hingga dengan mata duit kuno. Yang menarik ialah anda bisa mengambil potret ketika sedang di pelaminan menyeluruh dengan pakaian adat minangkabau. Nah, bila kita menyaksikan dari taman margasatwa, bakal tampak suatu jembatan yang menghubungkan tempat ini dengan Benteng Fort de Cock yang terdapat di seberangnya.

2. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Cock ialah sebuah benteng Belanda. Dahulu, benteng inidigunakan oleh tentara Belanda sebagai benteng pertahanan saat menghadapi perlawanan rakyat minangkabau.

Destinasi Wisata Populer
Destinasi Wisata Populer

Terutama sesudah perang paderi terjadi yakni pada 1821-1837. Dilansir situs happybet188 sekarang, bangunan benteng ini masih sama laksana sebelumnya. Benteng dengan ukuran sedang, tidak terlalu besar, dengan tinggi 20 meter, mempunyai cat putih dan hijau, dan pada keempat sudutnya ada meriam dan tidak sedikit para wisatawan yang datang berwisata untuk menyaksikan benteng bersejarah ini yang memiliki keanehan dan keindahan tersendiri.

3. Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek Puluah bila dalam bahasa Indonesia berarti tangga yang berjumah 40. Memang benar, tempat yang satu ini berupa tangga yang jumlahnya terdapat 40. Fungsinya ialah untuk menghubungkan antara pasar bawah serta pasar atas.

Janjang ampek puluah ini pun tidak pernah sepi dari pengunjung guna datang dan melakukan pembelian barang anekaragam keperluan yangterdapat di lokasi ini, sebab janjang ampek puluah ini pun mempunyai tempat yang menarik sehingga tidak sedikit juga semua wisatawan yang ingin berwisata ke lokasi wisata ini..

4. Pasar Bukittinggi

Lokasi tepatnya Pasar ini ialah di belakang Jam Gadang. Pasar Bukittinggi terbagi menjadi 3 unsur antara lain ialah pasar bawah, lereng, serta pasar atas. Masing-masing unsur mempunyai jenis benda yang dipasarkan berbeda-beda. Bagi pasar bawah, kamu dapat jumpai tidak sedikit pedagang yang memasarkan beraneka macam sayur mayur beserta buah-buahan, tak ketinggalan bumbu jadi yang dapat digunakan untuk membuat pelbagai jenis masakan padang yang enak.

Bergeser ke pasar lereng, kamu akan jumpai tidak sedikit penjaja kuliner atau oleh-oleh khas dari Sumatera Barat, diantaranya ialah dadiah, karakaliang, keripik balado, hingga dengan souvenir, semuanya tersedia. Oh, ya, tempat ini dinamai pasar lereng sebab letaknya yang memang agak miring. Sementara guna pasar atas sendiri, kamu akan lihat ada tidak sedikit penjual ikan, pakaian, hingga sulaman khas Padang. Nah, bagikamu yang suka berwisata belanja, lokasi ini paling direkomendasikan. Jangan lupa, kalau melakukan pembelian barang di sini kamu harus memakai teknik tawar kamu supaya menemukan barang yang diharapkan dengan harga lebih murah.

5. Museum Bung Hatta

Museum yang satu ini cocok dengan namanya, pada jaman dahulu memang adalah lokasi tinggal atau lokasi tinggal Bung Hatta. Ketikamenginjak museum, bakal tampak tidak sedikit koleksi yang berupa benda-benda kepunyaan Bung Hatta.

Diantaranya ialah jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda, hingga dengan lokasi tidur. Jadwal buka museum Bung Hatta ialah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu). Diluar jadwal tersebut, masuk museum ini tidak akan menunaikan atau gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *